2 HARI LAGI KPU SAMPANG AKAN BIMTEK RELASI

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Rekrutmen Relawan Demokrasi (Relasi) telah selesai dilaksanakan. Sedang masa kerja Relasi akan dimulai pada bulan depan (Februari 2018). Selama 3 (tiga) bulan Relasi akan membantu KPU Sampang dalam melaksanakan sosialisasi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 kepada masyarakat sesuai segmentasinya. Relasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai mitra KPU haruslah memiliki pengetahuan dan wawasan kepemiluan yang matang, untuk itu perlu adanya pembekalan terhadap Relasi sebelum terjun ke masyarakat.

KPU Kabupaten Sampang akan melaksanakan Bimbingan Teknis kepada 55 (lima puluh lima) Relawan Demokrasi pada Kamis (24/19), hal ini disampaikan oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM KPU Kabupaten Sampang, H. Miftahur Rozaq kepada Tim Media Center KPU Sampang, Selasa pagi.

“kita akan bimtek Relasi insyaallah hari kamis ini, untuk bagaimana memberikan pembekalan sebelum mereka terjun ke masyarakat” ujar Rozaq.

Dalam penyampaiannya, Rozaq mengatakan bahwa 55 (lima puluh lima) Relasi yang terbagi dalam 10 (sepuluh) segmen/basis pemilih harus dimaksimalkan, sehingga mampu meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih pada Pemilu 2019.

“Kita akan maksimalkan fungsi Relasi ini, yaitu 55 orang dalam sosialisasi ke depan, sehingga yang diharapkan KPU yaitu tingkat partisipasi masayarakat makin tinggi, juga pemilih makin cerdas dalam memilih” tutup Rozaq.

Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. (WR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *