ANTISIPASI PERSOALAN HUKUM PILKADA 2020, KPU RI EVALUASI PEMILU 2019 DI KONSOLNAS

Jakarta, kpud.sampangkab.go.id – Menutup pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019, KPU RI menggelar Konsolidasi Nasional (Konsolnas) 2019 yang digelar selama empat hari mulai 21-24 September 2019.

Selain itu, pelaksanaan Konsolnas tersebut untuk menyambut gelaran Pilkada Serentak Tahun 2020 yang akan dilaksanakan di 9 KPU Provinsi, dan 261 KPU Kabupaten/Kota.

Dalam acara yang digelar untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 tersebut, KPU RI melaksanakannya di enam lokasi berbeda sesuai divisi dan pokok pembahasannya, termasuk Divisi Hukum dan Pengawasan.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Sampang, Syamsul Arifin bersama 547 peserta lainnya yang berasal dari KPU Provisnsi, dan KPU Kabupaten/Kota mengikuti Konsolnas di Hotel Grand Sahid Jaya yang membahas persoalan-persoalan hukum selama pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019.

Dalam Konsolnas untuk Divisi Hukum, lebih kepada antisipasi persoalan-persoalan hukum untuk Pilkada tahun 2020” ungkap Syamsul Arifin kepada Media Center KPU Sampang melalui telepon seluler (23/09/19).

Untuk itu, kata Syamsul Arifin lagi, Konsolnas ini dilakukan evaluasi pada pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 kemarin.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Hasyim Asyari menekankan pentingnya divisi ini, bekerja dengan tetap mempedomani peraturan dan Undang-undang (UU)”, tambahnya.

KPU RI juga meminta jajaran untuk mengantisipasi potensi masalah dan pelanggaran yang kerap muncul seperti akurasi daftar pemilih, tata kelola keuangan, syarat pencalonan, potensial paslon tunggal, kampanye pada masa dan tempat dilarang, dana kampanye dan politik uang, penyalagunaan wewenang petahana serta kesiapan TPS dan kesehatan penyelenggara. (wr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *