BIMTEK PEMUTAKHIRAN DAN PENYUSUNAN DATA PEMILIH TINGKAT PPK

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran dan penyusunan data pemilih di aula Hotel Bahagia Sampang, Sabtu, (6/1/18).

Acara yang diikuti oleh seluruh anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kabupaten Sampang ini dibuka oleh ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif.

Dalam sambutannya, Syamsul Muarif mengatakan, pemutakhiran dan penyusunan data pemilih merupakan hal penting dalam tahapan pilkada 2018, karena hasil pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) nantinya akan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2018.

“Saya berharap data yang diperoleh oleh PPDP di lapangan nanti, benar-benar valid,” kata Muarif.

Addy Imansyah, Divisi Teknis, Perencanaan dan Data KPU Sampang mengatakan, Bimtek Pemutakhiran dan Penyusunan data pemilih untuk tingkat PPK bertujuan memberikan pemahaman teknis kepada PPK terkait dengan proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. Diharapkan mereka bisa melakukan proses pemutakhiran data pemilih (mutarlih) sesuai dengan prosedur dan tepat waktu.

“Untuk pelaksanaan coklit mulai tanggal 20 januari sampai 18 Februari. Penetapan DPT tanggal 13-19 April 2018. Sementara secara keseluruhn dari proses pembentukan PPDP sampai penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih pindahan (DPPh) tanggal 19 Desember 2017 sampai 24 juni 2018, atau H-3 sebelum pemungutan suara,” jelas Addy. (AW)