DEKLARASI KAMPANYE DAMAI PEMILU 2019, RIBUAN PESERTA HADIR BERPAKAIAN ADAT

Surabaya, kpujatim.go.id

Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 digelar di lingkungan kantor Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), jalan Raya Tenggilis nomor 1 Surabaya, Minggu (23/9) hari ini. Ribuan peserta dipastikan bakal hadir dalam acara yang dikemas dengan karnaval budaya tersebut.

Dalam deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 kali ini, mengangkat tema “Kampanye Anti SARA Dan Hoax Untuk Menjadikan Pemilih Yang Berdaulat Agar Negara Kuat”. Peserta yang direncanakan hadir dari seluruh Peserta Pemilu, yakni partai politik, pendukung capres dan cawapres dan DPD. Seluruh staf KPU Provinsi Jawa Timur, perwakilan dari 38 KPU Kabupaten/Kota, Bawaslu Jawa Timur dan Forkopimda Jawa Timur juga turut serta dalam acara tersebut.

“Diperkirakan ribuan peserta hadir, dengan memakai pakaian adat Nusantara. Nanti mereka akan jalan kaki pawai,” ujar Divisi SDM dan Parmas Jatim, Gogot Cahyo Baskoro.

Pria yang akrab dipanggil Gogot ini menambahkan, sebelum pawai budaya, seluruh peserta Pemilu 2019 yang hadir akan membacakan naskah deklarasi kampanye damai. Itu penting, sebagai peneguhan komitmen peserta Pemilu dalam menciptakan kampanye yang aman, damai dan riang gembira.

“Sekaligus sebagai pertanda tahapan kampanye Pemilu 2019 sudah berjalan. Kami berharap semuanya bisa mewujudkan kampanye yang damai, seperti saat Pilgub Jatim yang Guyub Rukun,” ungkapnya.

Sementara itu, sejak pukul 05.30 WIB peserta deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 sudah mulai berdatangan. Mereka sebagian besar memakai pakaian adat, ada yang berpakaian adat Jawa, Kalimantan dan Madura.