GELAR RAKOR DAN SOSIALISASI COKLIT SERENTAK, KPU UNDANG CAMAT, AKD DAN PANWASLU

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Bertempat di aula KPU Sampang, Kamis, (18/1/18), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang menggelar rapat koordinasi dan Sosialisasi Coklit Serentak pada Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang tahun 2018.

Ketua KPU Sampang dalam sambutannya mengatakan, semua pihak baik penyelenggara maupun stake holder akan menginformasikan kepada masyarakat tentang pemutakhiran data pemilih atau mencoklit yang akan dimulai pada tanggal 20 Januari sampai 18 Februari 2018.

“Tugas dan tanggung jawab KPU memberikan pelayanan yang baik kepada pemilih tentang pelaksanaan pencoklitan. Karenanya, kami berharap camat dan kepala desa serta perangkatnya mendukung proses pelaksanaan coklit ini,” ujarnya.

Addy Imansyah, Komisioner KPU Divisi Teknis, Perencanaan dan Data menyampaikan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai Sabtu lusa, (20/1/18) akan mendatangi dan mendata warga yang punya hak memilih.

“KPU sudah melaksanakan Bimtek kepada PPDP tingkat PPK, dan kenudian PPK menindak lanjuti ke PPS. Selain itu, KPU juga sudah mendistribusikan segala perlengkapan PPDP. Pada dasarnya, KPU siap melaksanakan pencoklitan mulai tanggal 20 Januari sampai 18 Februari 2018,” jelasnya.

Sementara itu, Muhalli, Panwas Kabupaten berharap PPK dan Panwascam selalu berkoordinasi dan bersinergi selama proses pelaksanaan coklit serentak.

“Selain dengan penyelenggara, kami juga mengingatkan Panwascam untuk selalu berkoordinasi dengan Camat dan kepala Desa,” tukasnya.

Komisioner KPU Miftahur Rozaq, menambahkan, coklit yang akan dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dilakukan secara serentak di Indonesia mulai 20 Januari sampai 18 Februari 2018.

“PPDP itu hanya  ada di KPU Kabupaten/Kota, KPU RI dan KPU Privinsi tidak ada. Pada saat bertugas, mereka dilengkapi dengan tanda pengenal,” kata Divisi SDM dan Parmas.

Rakor dan Sosialisasi Coklit serentak pada Pilkada 2018 ini diikuti oleh Kepala Bakesbangpol, ketua PPK, ketua Panwascam, Camat dan koordinator Asisiasi Kepala Desa (AKD) se- Kabupaten Sampang. (AW)