Gelar Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

Gelar Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

SAMPANG-Kamis (11/7) adalah hari terakhir Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang digelar KPU Provinsi Jawa Timur di Aula KPU Kabupaten Mojokerto.

Sebanyak 38 kabupaten/kota se Jawa Timur mengikuti acara yang dihadiri Ketua Divisi Perencanaan dan Data dan staf operator Sidalih.

KPU Kabupaten Sampang diwakili Ketua Divisi Perdatin Aliyanto dan staf operator Sidalih Memet Jainurrakhman.

Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini sebagai bahan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 yang akan dilaksanakan oleh 19 kabupaten/kota se Jawa Timur.

Dalam arahannya, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam mengatakan, bahwa Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) adalah proses paling panjang.

“Proses ini memerlukan biaya cukup besar, melibatkan banyak penyelenggara mulai dari petugas coklit sampai pada PPS dan PPK. Data yang valid akan meningkatkan kualitas pemilih,” jelas Choirul Anam.

Dalam rakor kali ini dibahas pula mengenai PPID yang disampaikan oleh Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Provinsi Jatim Gogot Cahyo Baskoro.

Gogot mengingatkan pentingnya PPID sebagai sarana pelayanan publik yang cepat, tepat dan sederhana sesuai dengan juknis standar layanan informasi publik yang berlaku secara nasional.

Ketua Divisi Perdatin KPU Kabupaten Sampang Aliyanto menekankan pentingnya PPID di lingkungan kesekretariatan KPU Kabupaten Sampang.

“PPID dapat berupa data statistik sebagai sarana informasi dalam mewujudkan fleksibilitas bagi yang memerlukan,” jelas Aliyanto. (lel/fiq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *