GERAKAN COKLIT SERENTAK, KPU SAMPANG TERJUNKAN 2.112 PERSONEL

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Sampang menerjunkan 2.112 personel  dalam pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) sebagai wujud Gerakan Coklit Serentak (GCS) yang dilaksanakan di 171 daerah yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018, Sabtu (20/1).

2.112 personel tersebut terdiri dari 1.449 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), 558 PPS, 70 PPK dan 35 dari KPU termasuk ketua dan komisioner KPU Sampang, dengan sasaran 7.245 rumah yang tersebar di 186 Desa/Kelurahan di 14 Kecamatan se – Kabupaten Sampang.

Sebelum melaksanakan coklit serentak, KPU Sampang melakukan apel persiapan gerakan coklit serentak (GCS) di halaman kantor KPU Sampang yang dipimpin oleh ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif.

Apel juga dilakukan oleh seluruh PPK di halaman kantornya masing-masing, dan PPS bersama dengan PPDP di tiap-tiap Desa/Kelurahan se – Kabupaten Sampang.

Addy Imansyah, komisioner KPU Divisi Teknis, Perencanaan dan Data, mengatakan, gerakan Coklit serentak merupakan kegiatan mendatangi rumah pemilih dengan serentak pada waktu yang sama, yaitu Sabtu 20 Januari 2018.

“Tujuan gerakan coklit serentak untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pemutakhiran data pemilih. Gerakan coklit serentak ini bukan akhir, tapi momentum awal untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih. Daftar pemilih menjadi lebih mutakhir, valid dan komprehensif,” ungkapnya.

Addy menambahkan, sesuai jadwal dan tahapan, coklit daftar pemilih pada Pilkada serentak tahun 2018 dimulai 20 Januari sampai 18 Februari 2018.

“Pada masa coklit, kami meminta masyarakat untuk proaktif saat PPDP datang ke rumahnya dengan cara menunjukkan KTP-el, surat keterangan domisili dari dispendukcapil dan KK. Saya juga menghimbau kepada masyarakat, jika ada anggota keluarganya yang pindah domisili, tidak memenuhi syarat, atau memenuhi syarat tapi belum terdaftar, dan data-data yang perlu diperbaiki, segera sampaikan kepada PPDP kami,” himbau Addy. (AW)