ISI MATERI DI PEMANTAPAN DAN PENGEMBANGAN ETIKA POLITIK, SITI AISAH TEKANKAN ASAS PEMILU PADA SISWA

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sampang, Selasa pagi (17/08/19) memenuhi undangan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sampang untuk mengisi materi dalam kegiatan Pemantapan dan Pengembangan Etika Politik bagi Siswa SLTA se-Kabupaten Sampang.

Dalam acara yang digelar di Hotel Wisata Camplong Kabupaten Sampang tersebut, Siti Aisyah menyampaikan materi Penerapan Hak Sipil dan Politik Masyarakat.

Siti Aisah menekankan agar siswa berpedoman kepada asas pemilu dalam berpartisipasi pada pemilihan umum kelak, utamanya dalam menggunakan hak suaranya di TPS. “Jadi, kita harus jujur, adil dalam pemilu, seperti asas-asas pemilu, juga jangan tergoda oleh politik uang” tegasnya saat memberikan materi kepada para siswa yang notabene adalah calon pemilih pemula pada pemilihan-pemilihan selanjutnya.

Usai acara, kepada Media Center KPU Sampang Siti Aisah menuturkan, bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan. “Cukup positif ya, kegiatan yang diadakan oleh Bakesbangpol ini, untuk memberikan pengetahuan tentang perpolitikan dan kepemiluan sejak dini bagi siswa-siswa di Kabupaten Sampang ini, terutama tentang kepemiluan itu sendiri, bagaimana para siswa nantinya menerapkan asas-asas dan prisnsip pemilu yang jujur dan sebagainya” tuturnya.

Lebih lanjut Aisah juga mengatakan antusias para siswa sangat tinggi terhadap politik, “mereka sangat aktif, terutama saat sesi tanya jawab” tambahnya.

Siti Aisah berharap para peserta kegiatan ini akan menjadi pioneer demokrasi di Kabupaten Sampang nantinya.

Sementara, Kabid Budaya dan Politik Bakesbangpol Sampang, Marfuatun, SH, MSi. saat diwawancarai menerangkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan politik bagi para siswa calon pemula. “kegiatan pemantapan dan pengembangan etika politik memang kegiatan rutin kami di bidang budaya politik, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran berpolitik terutama kepada para pemilih pemula. Di sini kita memberikan bekal kepada mereka agar dalam menggunakan hak pilihnya nanti mereka minimal punya referensi, apa politik, apa pemilu, apa itu demokrasi dan lain sebagainya, tadi juga dijelaskan panjang lebar oleh Ibu Aisah tentang pemilu, saya harap ini menjadi bekal bagi peserta nantinya” tuturnya.

Ibu Mar, sapaan akrabnya menambahkan bahwa kegiatan yang digelar selama dua hari ini mulai tanggal 16 – 14 September 2019 ini dihadiri oleh 186 peserta yang berasal dari siswa SLTA sederajat di Kabupaten Sampang.

Selain dari KPU Kabupaten Sampang, Bakespangpol menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Sampang, Polres Sampang, dan Pengadilan Negeri Sampang. (wr/ais)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *