KETUA KPU JATIM INGATKAN JAJARANNYA AGAR MEWASPADAI KERAWANAN PENCALONAN

Sidoarjo, kpud.sampangkab.go.id- Tahapan Pilkada Serentak 2018 memasuki masa pendaftaran bakal calon. Tahapan ini merupakan fase krusial karena menentukan pasangan bakal calon bisa menjadi calon atau tidak. Karena itu, Eko Sasmito, ketua KPU Propinsi Jawa menghimbau jajarannya untuk mewaspadai adanya potensi konflik di daerahnya masing-masing.

Himbauan itu disampaikan Eko Sasmito saat memberi pengarahan dalam Rapat Koordinasi Kampanye Pilkada Propinsi Jawa Timur di Aula KPU Kab. Sidoarjo, Jum’at (19/1) siang ini. Rapat tersebut menghadirkan anggota KPU se Jawa Timur yang membidangi Divisi Partisipasi Masyarakat. “Masa pencalonan memiliki kerawanan tersendiri karena menyangkut nasibnya” ungkapnya.

Menurut mantan aktivis LBH Surabaya itu, potensi rawan sudah muncul karena adanya calon tunggal di Pilkada Kabupaten Pasuruan. Potensi kerawanan juga mulai terasa di Sampang Madura dengan mendaftarnya pasangan calon perseorangan. “Selain di wilayah tapal kuda dan Madura yang mulai hangat, juga perlu diwaspadai daerah Mataraman yang sepertinya terasa adem ayem” pesan alumni Unibraw itu.

Selain itu, Eko Sasmito juga berpesan agar jajarannya bertindak sesuai dengan aturan dan tidak memihak. Disampaikannya bila sekarang sudah ada aduan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). “Kawan kita dari Panwaslu di beberapa kabupaten telah diadukan dan jangan sampai KPU juga terkena” pesannya.

Komisioner KPU Sampang Divisi Parmas dan SDM, Miftahur Rozaq didampingi, kasubag teknis, Arif Yudiono mewakili KPU Sampang pada rapat koordinasi kampanye Pilkada serentak 2018, yang digelar di aula KPU Kabupaten Sidoarjo tersebut. (MR/AW)