KPU GELAR RAKER PENATAAN DAPIL DAN ALOKASI KURSI PEMILU 2019

Camplong,kpud.sampangkab.go.id – Bertempat di aula Hotel Camplong, Sampang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang mengadakan rapat kerja penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD pada pemilu tahun 2019, Kamis, (18/1/18).

 

Rapat kerja ini dihadiri oleh seluruh komisioner dan jajaran kesekretariatan KPU Sampang Serta tenaga pendukung.

Ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif mengatakan, diskusi dan pembahasan penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD untuk pemilu 2019 membutuhkan waktu dan kajian yang cukup agar hasilnya dapat sebelum dibahas di pleno KPU.

“Penataan dapil ini tidak cukup didiskusikan dalam satu jam, tapi butuh waktu panjang dan perlu masukan bersama dari semua jajaran dan tim di KPU. Karena rapat kerja ini bukan hanya milik komisioner saja,” kata Muarif.

Menurut Syamsul Muarif, sesuai tahapan, tahapan penataan dapil sudah dimulai dari 16 Desember 2017 dan berakhir pada 6 April 2018.

“Alokasi kursi DPRD Kabupaten sudah ditetapkan pada 10 Januari 2018 kemarin. Setelah itu kita melaksanakan penyusunan dan penataan dapil. Termasuk sore hari ini, Kamis, (18/1/18). Kemudian tahapan berikutnya, tanggal 26 Januari 2018 penyampaian dapil ke publik,” jelasnya.

Syamsul Muarif menambahkan, prinsip penataan dapil meliputi, kesetaraan nilai suara, ketaatan sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, berada dalam satu wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan. (AW)