KPU GELAR RAKOR VERIFIKASI FAKTUAL PESERTA PEMILU 2019

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Bertempat di aula KPU, rapat sosialisasi verifikasi faktual peserta pemilu dan sosialisasi peraturan KPU No. 6 tahun 2017 digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Sabtu, (27/1) siang.

Acara yang dibuka oleh ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif ini dihadiri oeh seluruh pimpinan partai politik lama maupun baru yang lolos verifikasi faktual. Selain itu, ketua panwaslu kabupaten Sampang, Juhari juga tampak hadir bersama stake holder yang lain.

Divisi Hukum KPU Sampang, Syamsul Arifin menjelaskan, verifikasi faktual keanggotaan parpol peserta pemilu tahun 2019 akan dimulai 30 Januari sampai 1 Februari 2018.

“Nantinya parpol yang akan menentukan nama-nama sampel sebanyak 5% dari jumlah anggota dengan sebaran 50% kecamatan se – Kabupaten,” jelas Syamsul.

Ditambahkan Syamsul, nama-nama anggota parpol yang dijadikan sampel harus dilampiri foto copy KTA dan KTP yang diserahkan ke KPU paling lambat tanggal 29 Januari 2018, pukul 16.00 wib.

“Saat verfak, parpol harus menghadirkan nama-nama yang menjadi sampel ke kantornya untuk kita verifikasi. Jika keanggotaan parpol tidak memenuhi syarat minimal, 845 dari hasil proyeksi MS, maka parpol yang bersangkutan mengikuti tahap perbaikan tanggal 3-5 Februari 2018,” tuturnya.

Menurut Syamsul, sesuai aturan, bagi anggota parpol yang tidak dapat hadir pada saat verifikasi faktual, pengurus parpol harus menghadirkan ke kantor KPU, jika tidak memungkinkan, maka verifikasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan sarana teknologi dengan video call yang disaksikan oleh panwaslu Kabupateb atau kecamatan. (AW)