KPU SAMPANG HADIRI KONSOLIDASI REGIONAL DI MANADO, INI YANG DIBAHAS

Manado, kpud.sampangkab.go.id – KPU Kabupaten Sampang menghadiri Konsolidasi Regional Peningkatan Partisipasi Masyarakat Gelombang II yang diadakan oleh KPU RI di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Rapat Konsolidasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Gelombang Kedua ini menghadirkan anggota KPU Provinsi dan KPU Kab/ Kota di 10 provinsi diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi, hingga Papua. Pembukaan juga dihadiri, Bawaslu RI, Ketua DKPP serta Komisi II DPR RI serta Pimpinan Pemprov Sulawesi Utara. Sementara KPU Kabupaten Sampang yang diwakili oleh Divisi Sosdiklih dan Parmas dan SDM, Taufiq Rizqon, dan Kasubag Teknis Penyelenggaraan dan Hubmas, Arif Yudiono.

Taufiq Rizqon di sela-sela acara kepada Media Center KPU Sampang menuturkan bahwa kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 12 sampai 14 September 2019 tersebut untuk mengevaluasi partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 “konsolidasi regional ini diharapkan dapat menghasilkan catatan-catatan penting untuk perbaikan pemilu berikutnya, hal ini disampaikan oleh Ketua KPU RI dalam sambutannya” tutur Taufiq Rizqon melalui telepon seluler (14/09/19).

Dalam konsolidasi regional ini, lanjut Mas Oong sapaan akrabnya, dilakukan evaluasi terhadap partisipasi masyarakat secara menyeluruh, kendati partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 melebihi target nasional yaitu mencapai angka 82%. Sedangkan target partisipasi masyarakat secara nasional adalah 77,5% pada Pemilu 2019, baik pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilu DPR, DPD dan DPRD.

Konsolidasi Regional ini juga  membahas banyak hal diantaranya gencarnya berita hoaks yang harus menjadi perhatian dan evaluasi dalam mempengaruhi partisipasi masyarakat, etika penyelenggara pemilu dalam peningkatan partisipasi masyarakat, strategi sosialisasi termasuk pengelolaan akses informasi terhadap melalui media web KPU yang perlu dioptimalkan.

Selain itu, evaluasi ini juga diharapkan adanya perbaikan dalam pilkada serentak 2020 yang harapkan tingkat partisipasi masyarakat yang terus ditingkatkan. (wr/fiq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *