KPU SAMPANG HADIRI RAPAT EVALUASI PELAPORAN DANA KAMPANYE

Malang, kpud.sampangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sampang menghadiri Rapat Evaluasi Pelaporan Dana Kampanye dan Tahapan Pemilu 2019 yang digelar oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Hotel Aria Gajayana, Jl. Kawi 24 Klojen Malang.

KPU Kabupaten Sampang hadir dalam acara yang berlangsung mulai tanggal 29 – 30 Agustus 2019 itu diwakili Ketua KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah, Divisi Hukum dan Pengawasan, M. Syamsul Arifin, dan Kasubag Hukum, Sri Widiani.

Dalam acara yang menghadirkan 38 Ketua KPU Kabupaten/Kota, Divisi Hukum dan Pengawasan, dan Kasubag Hukum tersebut membahas terkait permasalahan pelaporan dana kampanye peserta pemilu tahun 2019 serta permasalahan hukum tahapan Pemilu tahun 2019.

Dalam rapat evaluasi tersebut, disampaikan hal-hal teknis terkait kurangnya pemahaman partai politik tentang proses pelaporan dana kampanye. KPU Provinsi menilai Banyak parpol yang tidak mengerti teknis pelaporan dana kampannye, sehingga penyampaian laporan hanya sebatas menggugurkan kewajiban saja.

Melalui rapat evaluasi diharapkan pemahaman partai politik terkait pelaporan dana kampanye semakin meningkat, melalui metode-metode bimbingan teknis atau pelatihan secara simultan. Sehingga kedepannya, partai politik peserta pemilu dapat melaporkan seluruh kegiatan terkait dana kampanye secara akuntabel, akurat dan transparan.

Acara rapat evaluasi tersebut tidak hanya membahas permasaalahan terkait dana kampanye saja. Namun juga disampaikan materi pembukaan LHKPN, persoalan hukum yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota, dan potensi pemasalahan atau sengketa dan gugatan hukum Pemilu Tahun 2019. (wr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *