KUMPULKAN POKJA PENDAFTARAN DAN PENCALONAN, KPU BAHAS HASIL PENELITIAN DOKUMEN BAPASLON

Sampang,kpud.sampangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang menggelar rapat koordinasi bersama tim pokja pendaftaran dan pencalonan Bapaslon, Sabtu (27/1) pagi.

Bertempat di aula media center, rakor dihadiri oleh ketua dan komisioner KPU, kepala Bakesbangpol, dinas pendidikan, kantor kementerian Agama Sampang, Polres dan Kodim 0828 Sampang serta beberapa stakeholder laiinnya.

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif mengatakan, di internal pokja sudah melakukan penelitian terhadap syarat calon dan pencalonan. Dari tanggal 22 sampai hari ini (27/1), kita telah melakukan tahapan penelitian syarat calon. Dan tanggal 20 Januari 2018, tim dari ketiga  Bapaslon sudah menyerahkan dokumen perbaikannya dan mereka sudah mengupload di Sistem Informasi Pencalonan (Silon),” jelasnya.

Menurut Syamsul Muarif, sampai hari Sabtu (27/1), tidak ada tanggapan dari masyarakat terkait dokumen persyaratan Bapaslon.

“Setelah ini, kita akan menyampaikan hasil penelitian berkas Bapaslon, setelah dibuatkan berita acara dan diplenokan. Tapi pada intinya, dokumen ketiga Bapaslon tidak ada masalah,” tambah Muarif.

Senada dengan ketua KPU, Divisi Parmas dan SDM, Miftahur Rozaq menyampaikan, seluruh proses tahapan pencalonan sudah dilakukan KPU sesuai dengan aturan perundang-undangan.

“Kita sudah melakukan verifikasi faktual ke beberapa instansi, menyangkut berkas syarat calon, hal itu untuk mengantisipasi terjadinya protes atau tuntutan dari masyarakat terkait hasil penelitian berkas Bapaslon,” tutur Rozaq. (AW)