PENUHI AMAR PUTUSAN MK, KPU SAMPANG LANTIK 28 PKK TAMBAHAN

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Berdasarkan putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018, KPU Kabupaten Sampang melantik 28 Anggota PPK Tambahan dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 (02/01/19).

Ketua KPU Kabupaten Sampang (2 dari Kiri) Melantik PPK 28 Tambahan

 

Putusan MK dimaksud berkaitan dengan Pasal 10 ayat (1) huruf c, dan Pasal 52 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengenai jumlah PPK dan Anggota KPU Kabupaten/Kota, yang dalam 2 (dua) pasal tersebut jumlah Anggota PPK dan Anggota KPU Kabupaten/Kota adalah 3 (tiga) orang. Melalui putusan itu, MK memutus bahwa jumlah anggota PPK dan KPU Kabupaten/Kota jumlahnya dikembalikan dari tiga orang menjadi lima orang. Putusan tersebut tidak hanya mengikat, namun harus dilaksanakan oleh semua pihak.

Dalam melaksanakan amar putusan tesrsebut, mengambil tempat di Aula KPU Kabupaten Sampang, Syamsul Muarif (Ketua KPU Kabupaten Sampang) yang bertindak sebagai Pengambil Sumpah melantik 28 Anggota PPK dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang. 28 Anggota PPK Tambahan tersebut merupakan hasil Klarifikasi, Verifikasi, dan Wawancara terhadap peringkat 4-10 PPK Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Calon Anggota PPK Rekomendasi Lembaga Pendidikan pada tanggal 15 November 2018.

Pelantikan PPK Tambahan ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota, hal ini disampaikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten Sampang, Muhadi, SE, MM dalam laporannya.

“Pelantikan PPK ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia” terang Muhadi.

Sekretaris KPU Kabupaten Sampang (Kiri) menyampaikan Laporan Panitia

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Sampang menyampaikan harapan besar terhadap Anggota PPK yang baru agar dapat melaksanakan tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019 sebagaimana mestinya sehingga menghasilkan Pemilihan Umum di tahun 2019 menjadi lebih baik dari Pilkada Serentak Tahun 2018.

“Saya berharap pada Anggota PPK, karena dalam setiap Pemilu, Sampang selalu menjadi sorotan dan barometer di Jawa Timur, dan Jawa Timur menjadi barometer nasional dalam pelaksanaan Pemilu. Maka banyak orang akan menyoroti pemilihan yang ada di Sampang, maka saya ingin Pemilu yang lebuh baik dari yang kemarin.

Hadir sebagai saksi dalam acara tersebut, PJ Bupati Sampang yang diwakili oleh Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kabupaten Sampang (Asroni, S.Sos, MM). Turut menyaksikan pula Perwakilan dari Bakesbangpol (Heru), Dandim 0828 yang diwakili oleh Dan Unit Kodim 0828 (Moh. Marlan), Anggota dan Ka Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sampang (Luddin, dan Bambang), dan Ketua PPK se-Kabupaten Sampang. (WR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *