SELESAIKAN 2 REKOM BAWASLU, KPU SAMPANG LAPORKAN HASIL PENCERMATAN

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sampang mendapatkan 2 (dua) rekomendasi berkaitan dengan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu 2019 dari Bawaslu Kabupaten Sampang. Rekomendasi tersebut masing-masing dengan nomor surat 008/BAWASLU-PROV.Jl-23/I/2019 tertanggal 08 Januari 2019 tentang hasil pengawasan dan pencermatan Data Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) Penyempurnaan Pemilu 2019, dan surat nomor 008/BAWASLU-PROV.Jl-23/I/2019 tertanggal 15 Januari 2019 tentang penyampaian tanggapan Peserta Pemilu terhadap DPTHP-2 Pemilu 2019.

Dalam surat dengan nomor 008, Bawaslu Kabupaten Sampang merekomendasikan kepada KPU Kabupaten Sampang melakukan penandaan secara manual terhadap 3.260 (tiga ribu dua ratus enam puluh) pemilih TMS (tidak memenuhi syarat). Sedangkan dalam surat dengan nomor 009, Bawaslu Kabupaten Sampang merekomendasikan kepada KPU Kabupaten Sampang untuk memperbaiki Data Pemilih yang diemukan ganda oleh Bawaslu Kabupaten Sampang sebanyak 8 (delapan) dari 20.899 (dua puluh ribu delapan ratus sembilan puluh sembilan) data pemilih se-Jawa Timur yang diduga ganda yang disampaikan oleh DPD Partai Gerinda Jawa Timur kepada Bawaslu Jawa Timur.

KPU Kabupaten Sampang dalam menindaklanjuti 2 (dua) rekomendasi tersebut bergerak cepat sejak 2 (dua) surat rekomendasi tersebut diterima. KPU Kabupaten Sampang telah melakukan pengecekan, pencermatan, dan verifikasi mulai tanggal 08 s/d 25 Januari 2019 terhadap hasil pengawasan pencermatan  DPTHP-2 Pemilu 2019 dari Bawaslu Kabupaten Sampang yang tertera pada surat Bawaslu Kabupaten Sampang nomor 008, dan KPU Kabupaten Sampang menemukan sebanyak 1,750 (seribu tujuh ratus lima puluh) data pemilih TMS, dan tekah dilakukan penandaan secara manual. Hal ini disampaikan oleh Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah kepada Media Center KPU Sampang.

“Kami telah melakukan pengecekan, pencermatan, dan verifikasi terhadap hasil pengawasan dan pencermatan DPTHP-2 oleh Bawaslu yang tertera pada surat nomor 008 mulai tanggal 08 s/d 25 Januari kemarin. Dan hasilnya kami laporkan hari ini (29/01/19) bersama laporan tindak lanjut terhadap surat Bawaslu Kabupaten Sampang nomor 009” tukas Addy Imansyah.

“Sedangkan untuk rekomndasi Bawaslu Kabupaten Sampang yang tertera pada surat nomor 009, KPU Kabupaten Sampang telah melakukan penandaan secara manuar terhadap 8 (delapan) data pemilih yang ganda” lanjut Addy. (WR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *