KPU BUKA PENGURUSAN PINDAH PILIH SAMPAI H-60 HARI PEMUNGUTAN SUARA

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – KPU Kabupaten Sampang berdasarkan tahapan membuka pengurusan pindah pilih bagi warga yang ingin pindah lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di Pemilu 2019. Pengurusan ini dilakukan paling lambat pada 17 Februari atau 60 (enam puluh) hari sebelum pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan.

Ketua KPU Kabupaten Sampang, Syamsul Muarif mengimbau masyarakat yang ingin melakukan pindah pilih pada pemilu 2019, mengingat banyaknya pelajar, napi, mahasiswa, pekerja di Kabupaten Sampang yang berasal dari luar Kabupaten Sampang dan sebaliknya.
“Kita imbau pada masyarakat paling lambat tanggal 17 Februari 2019, untuk mengurus dokumen pindah memilih karena banyak sekali mahasiswa, dan pekerja dari luar Sampang,” kata Muarif pada Media Center KPU Sampang, Jumat (01/02/19).
Sedangkan kategori pemilih yang dapat melakukan pindah pilih di antaranya Pelajar, Santri, Mahasiswa, Pekerja, Narapidana, Tahanan Kepolisian, Pasien Rumah Sakit atau Panti Rehabilitasi, hingga Para Korban Bencana Alam.

Lebih lanjut Syamsul Muarif yang juga sebagai Divisi Keuangan, Umum, Logistik, dan Rumah Tangga KPU Kabupaten Sampang mengatakan  Imbauan ini berkaitan dengan logistik pengadaan logistik Pemilu yang disediakan oleh KPU.
“Hal ini kami perlu ingatkan, mengingat penyediaan logistik pemilu seperti surat suara, agar KPU dapat menyiapkan logistik pemilu bagi pemilih yang pindah memilih,” kata Muarif.
“Dengan pengurusan dokumen pindah memilih yang lebih awal, KPU dapat melakukan persiapan secara optimal” sambung Muarif.
Masyarakat dapat mengurus Formulir A5 dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) tempat pemilih terdaftar yang nantinya di TPS asal akan dilakukan pencoretan secara manual dan diganti dengan Formulir A5 yang akan digunakan pada pemungutan dan penghitungan suara tanggal 17 April 2019. Formulir A5 adalah surat keterangan pindah memilih yang didapat dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) tempat pemilih terdaftar. (WR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *