SALAH SEORANG RELASI ADALAH KETUA PAGUYUBAN DISABILITAS SAMPANG

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Meski memiliki keterbatasan bukan menjadi halangan bagi para penyandang disabilitas untuk tetap berkontribusi bagi kemajuan negaranya, segala sektor bisa dimasuki oleh para penyandang disabiltas, apalagi negara ini cukup memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas untuk berkarya dan berpartisipasi di ruang publik. Salah satunya dengan dibukanya kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam tahapan pemilu.

Selain berpartisipasi secara pasif, KPU juga memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk berpartisipasi secara aktif dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, salah satunya melalui program Relawan Demokrasi. Program Relawan Demokrasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya ini mencantumkan segmen/basis pemilih disabilitas.

Melalui program ini, para penyandang disabilitas berbondong-bondong untuk mendaftar sebagai calon Anggota Relawan Demokrasi pada tanggal 11-14 Januari 2019 (tahapan pendaftaran Relasi), tak terkecuali di Kabupaten Sampang.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM KPU Kabupaten Sampang, Miftahur Rozaq menyebutkan bahwa salah seorang Anggota Relasi adalah Ketua Paguyuban di Kabupaten Sampang.

“Ini sebuah hal yang mengembirakan, Ketua Paguyuban Disabilitas di Sampang adalah merupakan Anggota Relasi yang kemarin (24/01/19) kita kukuhkan, ini akan mempermudah akses sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi para penyandang disabilitas” tutur Rozaq.

Adalah Munawi, seorang penyandang tuna daksa ini merupakan Anggota Relawan Demokrasi yang juga merupakan Ketua Paguyuban Disabilitas Kabupaten Sampang.

Kepada Tim Media Centre KPU Sampang, Munawi, pernah menuturkan bahwa mereka (para penyandang disabilitas) sangat senang dengan adanya program ini dan mereka berterimakasih kepada KPU Kabupaten Sampang karena telah memfasilitasi kaum disailibitas.

Selain Munawi, 4 (empat) Anggota Relasi Segmen Pemilih Penyandang Disabilitas juga merupakan Anggota Paguyuban Disabilitas Kabupaten Sampang, mereka adalah Teguh Wiyadi, Nur Illiyatu, Moh. Sidi, dan Moh. Dori. (WR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *