PENDAFTARAN RELASI KPU SAMPANG – INI MOTIVASI PARA PENDAFTAR

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Pendaftaran Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Sampang dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 telah ditutup pada Senin (14/01/19) sore pukul 15.30 WIB. Ada 124 (seratus dua puluh) pendaftar yang telah meyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia pendaftan. 10 (sepuluh) segmen/basis pemilih sudah terpenuhi sebagaimana kebutuhan minimal per-segmen yaitu 5 (lima) orang pendaftar.

Antusiasme masyarakat dalam program Relasi pada Pemilu 2019 cukup tinggi dibandingkan dengan program Relasi pada Pilkada 2018 tahun lalu yang hanya menerima 11 (sebelas) orang pendaftar.

Dalam rekrutmen Relawan Demokrasi ini, pendaftar berasal dari  golongan dan wilayah kecamatan yang berbeda, juga dengan motivasi yang berbeda pula. Salah satunya Moh. Hayat, pemuda asal Kelurahan Banyuanyar Sampang ini mempunyai motivasi untuk membangkitkan semangat pemuda dalam menggunakan hak pilihnya.

“Motivasi saya, saya ingin membangkitkan semangat pemuda, biar tak acuh dalam pemilu nanti” tutur pemuda yang mengambil segmen Pemilih Muda itu.

Sementara di segmen lain, para penyandang disabilitas yang mendaftar pada hari terakhir. Mereka, Abdur Rohman asal Pangarengan, Nur Illiyati asal Sampang, Munawi asal Torjun, Teguh Wiyadi asal Kedungdung, Moh. Sidi asal Jrengik, dan M. Dhori asal Omben kompak mengatakan motivasi mereka mengikuti program ini untuk memberikan fasilitas kepada pada penyandang disabilitas agar bisa berpartisipasi dalam pemilu 2019.

Munawi mengatakan bahwa mereka sangat senang dengan adanya program ini dan mereka berterimakasih kepada KPU Kabupaten Sampang karena telah memfasilitasi kaum disailibitas.

“Kami sangat bersyukur, ini adalah babak baru bagi kaum disabilitas, terimakasi kepada KPU Sampang karena dengan ini kami merasa difasilitasi” tutur Pria yang menyandang tuna daksa tersebut.

Berbeda dengan Anis Sulalah, gadis asal Desa Rabasan Camplong ini mengikuti program ini karena ingin mendapatkan pengalaman lebih tentang kepemiluan yang tentunya akan dibagi kepada basis pemilih yang ia pilih yaitu basis pemilih perempuan. Selain itu Anis juga melalui program ini dia ingin menambah teman.

“Motivasi saya ikut relasi ini ingin menambah wawasan keilmuan dan pengalaman baru untuk nanti diberikan kepada para pemilih, dan menambah teman baru.” tutur gadis yang biasa dipanggil dengan sebutan Anis ini.

Dari berbagai macam motivasi yang para pendaftar sampaikan, upaya meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya adalah faktor utama yang melatarbelakangi mereka turut serta dalam program Relawan Demokrasi ini. (WR)

One thought on “PENDAFTARAN RELASI KPU SAMPANG – INI MOTIVASI PARA PENDAFTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *