UNDANG BAWASLU, DISPENDUKCAPIL, PARPOL DAN LO CALON DPD, KPU SAMPANG SAMPAIKAN HASIL PEMADANAN DPT PEMILU DENGAN DPT PSU

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Sesuai Putusan Bawaslu Kabupaten Sampang nomor 001/LP/PL/ADM/KAB/16.32/I/2019 yang diucapkan pada tanggal 23 Januari 2019 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sampang telah melakukan pemadanan dan penyandingan DPTHP-2 Pemilu 2019 dengan DPTHP-PSU Pilkada Sampang 2018 yang akan menjadi bahan pencermatan bersama. Dan pada Senin (04/02/19) KPU Kabupaten Sampang menyampaikan hasil penmadanan dan penyandinagan tersebut kepada Bawaslu Kabupaten Sampang, Dispendukcapil Kabupaten Sampang, Partai Politik Peserta Pemilu di Kabupaten Sampang serta LO Calon DPD di Kabupaten Sampang sebagai bentuk transparansi kepada publik, seperti yang disampaikan oleh Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah.

“Hari ini kita akan sampaikan hasil pemadanan DPTHP-2 Pemilu dengan DPTHP-PSU yang nantinya akan dicermati bersama secara benjenjang, dan kami akan serahkan hasil pemandanan by name bay address dalam bentuk soft copy” kata Addy Imansyah dalam pertemuan yang digelar di Aula KPU Kabupaten Sampang Senin siang.

Lebih lanjut Addy Imansyah mengatakan bahwa dalam perbaikan data pemilih memungkinkan adanya perubahan data pemilih apabila terdapat kondisi dan situasi tertentu. Hal ini berdasarkan SK KPU RI Nomor 227/PL.02.1-Kpt/01/KPU/I/2019 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan DPK, DPTb, dan Perbaikan DPT dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019. Kondisi dan situasi yang dimaksud termasuk adanya Putusan Bawaslu Kabupaten Sampang nomor 001/LP/PL/ADM/KAB/16.32/I/2019 yang memerintahkan KPU Kabupaten Sampang untuk melakukan pencermatan kembali DPTHP-2 Pemilu 2019 Kabupaten Sampang.

Pemadanan dan penyandingan dilakukan antara DPTHP-2 Pemilu 2019 sebanyak 820.941 (delapan ratus dua puluh ribu sembilan ratus empat puluh satu) pemilih dengan DPTHP-PSU Pilkada Sampang 2018 sebanyak 767.032 (tujuh ratus enam puluh tujuh ribu tiga puluh dua) pemilih yang dilakukan dengan tahap pemadanan. Pemadanan dan penyandingan tersebut menghasilkan 33.019 (tiga puluh tiga ribu sembilan belas) data pemilih yang akan dilakukan pencermatan dan verifikasi secara berjenjang dengan melibatkan Partai Politik dan Panwas. Sesuai jadwal dan tahapan yang disusun oleh KPU Kabupaten Sampang, pencermatan dan verifikasi bersama akan dilaksanakan mulai tanggal 7 – 15 Februari 2019. (WR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *