HARI INI KPU SAMPANG SERAHKAN LAPORAN PEMBENTUKAN RELASI

Surabaya, kpud.sampangkab.go.id – Sebagaimama tahapan, KPU Kabupaten Sampang telah membentuk Relawan Demokrasi yang akam menjadi mitra KPU Kabupaten Sampang dalam melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada 10 (sepuluh) segmen pemilih. Sebanyak 55 (lima puluh lima) Relawan Demokrasi telah dikukuhkan oleh Ketua KPU Kabupaten Sampang pada Kamis (24/01/19) di Hotel Bahagia Sampang.

Pembentukan Relawan Demokrasi merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan secara berintgritas, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan. Berdasarkan surat KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 KPU Kabupaten Sampang melaporkan hasil Rekrutmen Relawan Demokrasi kepada KPU Provinsi Jawa Timur sebanyak 2 (rangkap), yang kemudian akan disampaikan kepada KPU RI oleh KPU Provinsi Jawa Timur pada Kamis (31/01/19).

Penyerahan laporan tersebut disampaikan secara langsung oleh seorang Kasubbag Hukum dan seorang Kasubbag Program dan Data serta staf KPU Kabupaten Sampang dan diterima oleh Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Timur.

Sementara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM, Miftahur Rozaq yang diwawancarai via telepon seluler mengatakan bahwa dirinya tidak bisa menyerahkan secara langsung laporan pembentukan Relawan Demokrasi kepada KPU Provinsi Jawa Timur dikarenakan ada kegiatan lain di Sampang, pun juga dengan Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Sampang, Arif Yudiono.

“Saya dan Pak Kasubbag Teknis dan Hupmas tidak bisa secara langsung menyampaikan laporan Relasi ini karena ada kegiatan lain, jadi kami titip kepada Kasubbag Progda dan Kasubbag Hukum karena pada waktu yang sama beliau-beliau sedang ada perjalanan dinas ke KPU Provinsi, untuk mengurus SKP dan laporan-laporan lainnya” terang Rozaq.

Lebih lanjut Rozaq mengatakan bahwa laporan itu adalah tindak lanjut dari Surat KPU RI Nomor 32 tentang Pembentukan Relawan Demokrasi, dimana Pembentukan Relawan Demokrasi merupakan program yang juga harus dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, penyusunan laporan pertanggungjawaban pembentukan Relawan Demokrasi ini adalah salah satu upaya KPU Kabupaten Sampang dalam menjawab kepercayan tersebut.

Selain laporan Pembentukan Relawan Demokrasi, pada Kamis (31/01/19) KPU Kabupaten Sampang juga menyerahkan salinan laporan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang Tahun 2018, SKP, dan laporan lainnya kepada KPU Provinsi Jawa Timur. (WR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *