TIDAK DAPAT DITEMUI, KPU SAMPANG HADIRKAN ANGGOTA PERINDO DAN PSI

Sampang, kpud.sampangkab.go.id- 

Komisi Pemilu Umum (KPU) Sampang menghadirkan anggota partai PSI dan Perindo yang tidak bisa ditemui saat verifikasi faktual keanggotaan partai politik beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan oleh komisioner KPU Divisi Hukum, Syamsul Arifin di aula KPU Sampang, Selasa (2/1).

“Kami mengundang penghubung partai PSI dan Perindo untuk mendatangkan beberapa anggotanya yang tidak dapat ditemui pada saat verifikasi faktual beberapa waktu lalu,” kata Syamsul.

Acara yang juga dihadiri oleh komisioner panwaslu Kabupaten Sampang, Insiyatun, tersebut hanya berhasil menghadirkan 1 orang anggota PSI. Sementara dari Perindo belum bisa dihadirkan ke kantor KPU Sampang.

“Sesuai dengan regulasi, untuk membuktikan valid tidaknya data keanggotaan parpol adalah bertemu langsung dengan yang bersangkutan. Jika tidak memungkinkan, atau sulit dihadirkan secara langsung, maka dapat dilakukan dengan video call yang disaksikan oleh panwaslu kabupaten atau kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Sesuai dengan tahapan, batas akhir verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai Perindo dan PSI, tanggal 4 Januari 2018 pukul 16.00 wib.

“Jika melewati batas akhir (4/1), Perindo maupun PSI tidak berhasil membuktikan beberapa anggotanya yang tidak dapat ditemui saat verfak, maka status yang bersangkutan TMS,” pungkas Syamsul. (AW)