UNIK, 1 ORANG LAKI-LAKI IKUTI TES DI SEGMEN PEREMPUAN

UNIK, 1 ORANG LAKI-LAKI IKUTI TES DI SEGMEN PEREMPUAN

 

Sampang, kpud.sampangkab.go.id – Tahapan seleksi rekrutmen Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Sampang dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 memasuki tahapan seleksi wawancara, dimana 123 (seratus dua puluh tiga) peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan disaring menjadi 55 (lima puluh lima) orang peserta sesuai segmen yang dipilih oleh peserta.

 

Seleksi/tes wawancara dilaksanakan pada Selasa (15/01/19) mulai pukul 08.00 – 13.30 WIB. Seleksi wawancara dilakukan pada 10 (sepuluh) segmen/basis pemilih, di antaranya, basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih penyandang disabilitas, basis pemilih marginal, keagamaan, basis komunitas, dan basis warganet (nitizen).

 

Salah satu basis pemilih yang menarik perhatian adalah basis pemilih perempuan. Selain karena menjadi peringkat ke-4 (keempat) jumlah peminat terbanyak, segmen ini menjadi menarik karena adanya seorang laki-laki yang menjadi peserta di segmen ini. Adalah Khairul Amal, seorang pemuda asal Pangarengan ini mendaftar sebagai Calon Relasi di segmen pemilih perempuan.

Pemuda ini mengikuti tes/seleksi wawancara Relawan Demokrasi di segmen pemilih perempuan bersama peserta lainnya. Amal (panggilan akrabnya) mengaku bahwa dia memilih segmen ini karena ingin pemilih perempuan yang mempunyai hak pilih bisa berpartisipasi di pemilu 2019. Seperti diketahui basis pemilih terbanyak di Kabupaten Sampang adalah perempuan, sebanyak 416.541 (empat ratus enam belas ribu lima ratus empat puluh satu) pemilih atau 50,7% dari 820.941 (delapan ratus dua puluh ribu sembilan ratus empat puluh satu) julmlah pemilih se Kabupaten Sampang.

 

“Saya ingin karena hak pilih perempuan di Sampang ini juga banyak, dan bagaimana semua perempuan yang mempunyai hak pilih juga nyoblos” ujar pemuda yang masih aktif sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Sampang ini.

 

Lebih lanjut Amal mengatakan bahwa kesadaran berdemokrasi juga harus dimiliki oleh perempuan, karena peran perempuan dalam demokrasi sangat penting. Amal berharap apa yang dicita-citakan KPU tercapai, yaitu tingkat kesadaran berdemokrasi, partisipasi dan kualitas pemilih semakin tinggi.

 

Sementara, Syamsul Muarif, Ketua KPU Kabupaten Sampang yang pada tes wawancara menjadi penguji bagi Relasi segmen pemilih perempuan mengaku kaget karena adanya seorang laki-laki yang menjadi peserta di segmen itu. Syamsul Muarif mengatakan bahwa siapapun berhak mendaftar selagi memenuhi syarat dan berhak memilih segmen apapun selagi dia mampu dan sanggup membantu KPU dalam melakukan sosialisasi pada segmen yang ia pilih.

 

Berikut daftar peserta segmen pemilih perempuan Nurul Fajriyati, Nia Nuraini, Nurul Fatihah, Anis Sulalah, Ulfah, Tawadduk Fauziyah, Novitasari, Klara Nur Fitri Aini, Septien Anggraini Ligayani, Khairul Amal, Imamah, Nurul Hikmah, Siti Khotijah, dan Fitrih Anisah. (WR)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *